HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) DINAS NAKERTRANS KULON PROGO 2018

Selasa, 12 Maret 2019 13:51:19 - Oleh : NAKERTRANS
 

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo meraih peringkat II terbaik hasil SKM Tahun 2018 (kelompok OPD) yang diselenggarakan Pemkab. Kulon progo, dengan Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 85,760 (kategori Baik). Sebagia peringkat I adalah Dinas Dukcapil (87,413) sedangkan peringkat III diraih oleh RSUD Wates (79.113).

Survei tersebut diselenggarakan oleh Pemkab. Kulon Progo dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna layanan. Dalam laporannya Kabag. Organisasi Setda Kab. Kulon Progo, Sarji, S.IP., MAP. mengatakan bahwa mendasar pada Permenpan No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan SKM Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, suvei menggunakan 12 komponen/indikator, yaitu :

  1. Persyaratan Pelayanan (U1);
  2. Prosedur Pelayanan (U2);
  3. Jangka waktu pelayanan (U3);
  4. Kewajaran biaya (U4);
  5. Kesesuaian hasil pelayanan (U5);
  6. Kompetensi/kemampuan petugas (U6);
  7. Sikap petugas (U7);
  8. Kelengkapan sarana aduan (U8);
  9. Kualitas/kondisi sarana (U9);
  10. Maklumat pelayanan (U10);
  11. Kejelasan petugas (U11);
  12. Penunjuk  Arah (U12).

Hasil SKM tersebut diserahkan oleh Plt. Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Kuon Progo Drs. Djulistyo, Rabu, 27/2/2019. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa ketugasan pemda adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, sedangkan untuk mengetahui kualitas pelayanan adalah dengan SKM. Hasil dari SKM ini dimaksudkan untuk menjadikan bahan evaluasi bagi setiap unit kerja yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Untuk itu beliau juga menghimbau agar selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak