PELATIHAN PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA MANDIRI SEKTOR INFORMAL

Jum`at, 21 April 2017 09:39:43 - Oleh : Seksi PPKK
 

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan pelatihan Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri Sektor Informal bagi masyarakat Kabupaten Kulon Progo, yang dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari sejak tanggal 12 hingga 20 April 2017 berpusat di Disnakertrans Kulon Progo, terdiri dari 2 hari teori dan 5 hari praktik.

Peserta pelatihan terdiri dari 20 orang bidang usaha Boga dan 20 orang bidang usaha Salon, yang dilatih oleh instruktur berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Para peserta yang pada umumnya telah mempunyai embrio usaha, sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, sehingga dengan mudah menangkap materi yang diberikan oleh instruktur.

Peserta pelatihan Salon dilatih teori dan praktik merawat wajah agar selalu berseri dan awet muda. Sedangkan bagi peserta pelatihan Boga dilatih membuat olahan daging/ikan, olahan soup, makanan pembuka dan dreasing dari buah-buahan, serta aneka kue (puff pastry dan danis pastry). Diberikan pula materi tentang kebijakan ketenagakerjaan, motivasi usaha serta manajemen usaha.

Kegiatan pelatihan ditutup pada Hari Kamis tanggal 20 April 2017 oleh Sekretaris Disnakertrans Kulon Progo, Ir. Heri Purnomo, M.T.P., didampingi Kabid. Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Susilo, MSi. Dalam sambutannya beliau berharap agar ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan dan sebagai bekal dalam berusaha mandiri di tempat tinggal masing-masing. Para alumni peserta diharapkan mampu melihat peluang usaha, misalnya dengan membuka usaha warung makanan untuk menyediakan hidangan buka puasa pada Bulan Romadlon yang akan datang. Dalam kesempatan itu juga diserahkan sertifikat pelatihan.

Keberhasilan usaha sektor informal sangat membantu upaya pemerintah untuk membuka lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak