Sosialisasi Ketenagakerjaan / Mekanisme AKL/AKAD/AKAN Kepada Siswa-Siswa Kelas XII

Selasa, 14 November 2017 12:03:43 - Oleh : Nakertrans KP
 

Dalam rangka memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan setelah siswa kelas XII lulus, serta untuk memberikan motivasi dan wawasan tentang dunia kerja bagi para siswa calon kelulusan termasuk mengetahui minat para siswa, maka perlu dilakukan Pembekalan Menghadapi Kelulusan kepada Murid klas XII.

Pembekalan kepada siswa kelas XII dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan sekolah dan BKK (Bursa Kerja Khusus) serta PT. SMU (Sejahtera Mandiri Utama) di 4 sekolah diantaranya :

1.      SMK Muhammadiyah Kalibawang, 4 Nopember 2017

2.      MAN 3 Kulon Progo, 4 Nopember 2017

3.      SMK Ma’arif  Nanggulan, 11 Nopember 2017

4.      SMK Tamansiswa Nanggulan, 11 Nopember 2017

Disampaikan bahwa bagi lulusan kelas XII yang sudah tidak berminat untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi diminta agar mempersiapkan diri dari sekarang guna menyongsong dunia kerja. Dalam memasuki dunia kerja yang perlu disiapkan antara lain kesehatan, mental, fisik, kompetensi dan ketrampilan. Setelah mendapatkan pekerjaan haruslah bekerja dengan tekun, disiplin, jujur serta bergaya hidup yang sederhana dan hemat. Selain bekerja di sector formal, siswa juga bias bekerja di sector informal, para lulusan nantinya mampu berwiraswasta sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

Siswa juga diperkenalkan dengan mekanisme AKL (Antar Kerja Lokal) / AKAD (Antar Kerja Antar Daerah)/ AKAN (Antar Kerja Antar Negara), sebagai calon tenaga kerja juga harus mempersiapkan beberapa persyaratan untuk melamar pekerjaan, salah satunya Kartu AK 1. Adapun persyaratan pembuatan Kartu AK 1 yaitu usia minimal 18 tahun, melampirkan fotocopy KTP, fotocopy Ijazah dan SKHUN atau SKL (Surat Keterangan Lulus).

      Bila ingin mencari informasi tentang lowongan pekerjaan bisa mengunjungi Website http://nakertrans.kulonprogokab.go.id atau Facebook LowongankerjaDisnakertransKulonprogo atau datang langsung ke Dinas Nakertrans Kulon Progo. Pencari kerja yang datang ke Dinas Nakertrans Kulon Progo dapat konsultasi langsung dengan petugas pengantar kerja yang ada atau bisa memakai komputer yang sudah disediakan bagi pencari kerja untuk mencari informasi lowongan kerja lewat internet.

 

      Dan bagi siswa calon kelulusan yang masih ingin menambah keterampilan bisa datang langsung ke UPTD BLK Kulon Progo untuk mendaftarkan diri. BLK Kulon Progo menyediakanberbagai paket pelatihan

Sekolah SMK/MA yang terpenting pada saat ini bukan hanya besarnya prosentase kelulusan saja,akan tetapi juga menekankan pada besarnya lulusan yang dapat diterima kerja. Untuk itu pihak sekolah harus pandai-pandai mencari terobosan agar siswanya lulus dengan kompetensi yang diminati oleh pengguna tenaga kerja.

Sosialisasi di MAN 3 Kalibawang

| More