Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pelaksanaan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) tahun ini di tandai dengan upacara bendera oleh karyawan dan karyawati Dinsosnakertrans diikuti juga oleh perwakilan dari SPSI, APINDO dan beberapa Perusahaan di Kabupaten Kulon Progo antara lain BRI, BPJS, SPBU, PT. Putra Patria Adikarsa dll. Upacara dilaksanakan Senin, 18 Januari 2016 di Halaman Kantor Dinas Sosnakertrans Kab. Kulon Progo.

Sebagai Inspektur Upacara dipimpin langsung oleh Kadinas Drs. Eka Pranyata yang menyampaikan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI dengan Tema :

"Tingkatkan Budaya  K3 Untuk Mendorong Produktivitas dan Daya Saing di  Pasar lnternasional."

Dalam sambutannnya Kadinas menggaris bawahi bahwa  mengenai kesiapan  dalam menghadapi   MEA yang harus dilakukan tidak  hanya oleh sektor  ketenagakerjaan,  namun  semua sektor yang terkait dan lintas instansi/lembaga di seluruh Indonesia  harus dilibatkan.

Disisi lain peningkatan kompetensi sumber daya manusia harus  diikuti  dengan  pemahaman keselamatan  dan  kesehatan kerja (K3).  K3  merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan disamping perlindungan pengupahan, jaminan sosial, kebebasan berserikat,   hubungan kerja, dan lainnya serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja, yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai   pada  keselamatan   dan  kesehatan   masyarakat secara  nasional.