Kulon Progo menjadi Pilot Project Pembentukan Forum Skill Development Center (SDC)

       Kementerian Tenaga Kerja RI melalui Direktorat Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas menyatakan bahwa Skill Development Center (SDC) Kabupaten Kulon Progo sampai dengan bulan Nopember 2019 meraih peringkat A. Penilaian ini didasarkan pada penilaian bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Progo beserta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mempunyai komitmen dan program untuk menurunkan angka pengangguran di daerah melalui Skill Development Center (SDC).


      Penilaian ini diberikan pada Rapat Koordinasi Skill Development Center, dengan tema “Melalui Percepatan Pembentukan Skill Development Center (SCD) Kita Tingkatkan Kompetensi Angkatan Kerja Guna Menurunkan Angka Pengangguran Daerah”. Rapat Koordinasi ini berlangsung pada Selasa – Jumat, 5 – 8 November 2019 di Hotel Horison Ultima Riss, Jalan Gowongan Kidul No 33 – 34, Sosromenduran, Yogyakarta. Rakor ini dibuka secara resmi oleh Plt Direktur Pembinaan Kelembagaan dan Pelatihan, Adi Nugroho.
Dalam Rakor SDC ini dipaparkan sejumlah kisah sukses sejumlah SDC, yang terdiri SDC Kota Surakarta, SDC Kabupaten Bandung Barat, SDC Kabupaten Aceh Tamiang dan SDC Kabupaten Kulon Progo, SDC Kota Makassar. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Eko Wisnu Wardhana SE membagikan pengalaman SDC Kabupaten Kulon Progo pada sesi Lesson Learn From Success Story. Kulon Progo telah melaksanakan proses awal SDC dari Sosialisasi, Pemantapan Pemahaman SDC, Audiensi Bupati, Pembentukan Tim Kecil, Penyusunan Analisi Potensi Wilayah dan Analisis Rasio Potensi (APW dan APR). SDC Kabupaten Kulon Progo juga telah melakukan set up organisasi melalui Surat Keputusan Bupati tentang Pembentukan Tim Forum SDC.

  Di samping menyampaikan perkembangan SDC, Eko Wisnu juga menyampaikan kebijakan dan program pemerintah daerah untuk menurunkan angka pengangguran, terutama dengan keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta.
     Hadir pula dalam Rakor ini Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Susilo, S.I.P., M.Si. dan Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Saryono, S.STP., M.PSSP. Dalam paparan Program Kerja SDC tahun 2019 dan 2020, SDC Kulon Progo akan melanjutkan Set up organisasi melalui SK SK Workplace, SK Sekretariat SDC, SK Sekretariat Workplace dan SK Instruktur SDC.
Pada bulan Desember 2019, akan diselenggarakan kegiatan Capasity Building yang terdiri dari Bimbingan Teknis dan TOT. Program berikutnya yang diselenggarakan pada tahun 2020 yakni Operasional SDC meliputi penyusunan program dan pelatihan pelatihan, penguatan Sistem Informasi Manajemen dan Pemetaan data yang meliputi : data pencari kerja, kapasitas diklat dam kebutuhan tenaga kerja di dunia usaha dan dunia industri. Pelaksanaaa program pelatihan dan pemagangan akan mencakup Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) untuk 800 orang atau 50 paket, serta kewirausahaan untuk 384 orang atau 24 paket.


   Dalam Rakor ini diilakukan pemetaan masalah dan solusi SDC yang kemudian dirumuskan menjadi Penyusunan Rencana Strategis Wilayah SDC. Rakor ini diikuti oleh seluruh proyek percontohan, pilot project SDC di seluruh Indonesia yang terdiri dari 5 SDC pada tahun 2018 serta 15 SDC pada tahun 2019).