IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELATIHAN DARI BALAI BESAR PENINGKATAN PRODUKTIVITAS (BBPP) BEKASI

     Tim Survei dari BBPP Bekasi melakukan kegiatan survei kebutuhan pelatihan di Kabupaten Kulon Progo untuk tahun 2020, pada Kamis, 19 Desember 2020. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan tahun 2020. Ketua tim survei menyampaikan bahwa di tahun 2020 BBPP akan melaksanakan program pelatihan peningkatan produktivitas. Untuk itu agar pelaksanaan program pelatihan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat maka perlu dilakukan survei kebutuhan pelatihan. Survei akan dilakukan kepada 15 responden di 3 kecamatan. Selanjutnya mohon untuk dapat ditunjuk 3 kecamatan sebagai sasaran survei dan mohon pendampingan.

     Ka. Dinas Nakertrans Kab. Kulon Progo menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadirannya di Kabupaten Kulon Progo dan menyampaikan apresiasi kepada BBPP Bekasi yang akan melakukan survei kebutuhan pelatihan. Dengan demikian maka diharapkan pelatihan yang akan dilaksanakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sasaran kecamatan sementara ditentukan Kec. Sentolo, Lendah, Kokap dan Samigaluh. Dari kecamatan tersebut berpotensi produksi : kerajinan serat alam, batik, kuliner, kerajinan tangan. Sedangkan untuk menentukan responden dikoordinasikan dengan Dinas Koperasi UKM Kab. Kulon Progo.

     Pelaksanaan survei dibagi dalam 3 tim (Kokap, Samigaluh/Kalibawang dan Lendah/Sentolo), masing-masing didampingi satu orang dari Disnakertrans dan satu orang dari satu orang dari Dinkop UKM. Dari hasil survei diperoleh kesimpulan sementara bahwa yang berkaitan dengan kegiatan usaha pada umumnya telah berjalan dengan baik dan dapat menjangkau pasaran yang cukup luas. Tetapi masih terkendala dengan manajemen keuangan dan omset belum tercatat dengan baik.