Advokasi penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di PT. Kurnia Bumi Pertiwi

       Sehubungan dengan adanya laporan dari Pekerja/buruh PT. Kurnia Bumi Pertiwi terkait keterlambatan gaji bulan Desember yang seharusnya dibayarkan paling lambat pada tanggal 5 Januari 2020, akan tetapi sampai tanggal 8 Januari 2020 pihak pengusaha belum juga bisa membayarkan.

       Terkait dengan keterlambatan tersebut diatas pada tanggal 8 Januari 2020 Management telah mengeluarkan pengumuman yang berisi: pembayaran gaji akan dilakukan hari Jumat 10 Januari 2020. Diwajibkan kepada semua karyawan untuk tetap masuk seperti biasa, dan sampai dengan hari pembayaran gaji absen masuk akan dihitung lembur. Bagi yang libur gilir, dimohon tetap libur sesuai jadwal kerja.

       Meyikapi hal tersebut pihak pekerja tetap meminta kepada management agar gaji bulan Desember 2019 dibayarkan paling lambat tanggal 9 Januari 2020. dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara pengusaha dan pekerja, maka pihak pengusaha meminta kepada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Kab Kulon Progo untuk memfasilitasi penyelesaian perselisihan Hubungan Industrial (terkait dengan pembayaran Gaji).

       Penyelesaian perselisihan dilaksanakan di PT Kurnia Bumi Pertiwi dan dihadiri pihak management, pihak pekerja, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Kulon Progo. Dari hasil musyawarah tercapai Perjanjian Bersama  yang ditanda tangani oleh  2 (dua) orang dari pihak Serikat Pekerja dan 2 (dua) orang dari pihak Management dan disaksikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Kulon Progo.

       Pokok - pokok isi dari perjanjian Bersama tersebut antara lain :

  1. Pembayaran gaji bulan Desember 2019 akan dibayarkan paling lambat pada tanggal 10 Januari 2020
  2. Sebelum dilakukan pembayaran gaji karyawan bulan Desember 2019, maka karyawan yang masuk bekerja akan diberikan upah lembur mulai tanggal 9 Januari 2020, sampai dengan dibayarkan gaji karyawan bulan Desember
  3. Sebelum dilakukan pembayaran gaji karyawan bulan Desember 2019, maka karyawan yang tidak masuk bekerja akan diberikan upah harian secara penug mulai tanggal 9 Januari 2020, sampai dengan dibayarkan gaji karyawan bulan Desember
  4. Pekerja akan segera bekerja kembali setelah menerima gaji bulan Desember 2019.