MONITORING PP/PKB DI PERUSAHAAN KABUPATEN KULON PROGO

                Peraturan Perusahaan adalah peraturan yang dibuat secara tertulis oleh pengusaha yang memuat syarat-syarat kerja, tata tertib perusahaan. Pasal 108 ayat 1 Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan mengamanatkan kewajiban bagi perusahaan yang memiliki 10 pekerja/karyawan atau lebih untuk membuat Peraturan Perusahaan dan disahkan oleh Menteri atau pejabat yang ditunjuk.

                Dalam rangka pembinaan kepatuhan pada peraturan perundangan dimaksud di atas maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo melakukan monitoring terhadap perusahaan-perusahaan yang wajib membuat peraturan perusahaan dimana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo.

                Hasil dari monitoring tersebut adalah PT Naturindo Fresh Kulon Progo yang ada di Kulon Progo merupakan cabang dari Kantor pusat yang berada di Rejowinangun Yogyakarta sehingga untuk pembuatan PP dilakukan oleh kantor Pusat.  SPBU Pengasih, PP masih dalam proses pembuatan untuk tindakan yang akan dilakukan oleh Dinas yaitu mengundang owner dari SPBU dikarenakan sudah terlalu lama waktu yang diberikan untuk membuat PP tersebut. Sama halnya dengan Klinik Pengasih Husada, PP masih dalam proses pembuatan. Dan terakhir Farm Wates PT Ciomas Adisatwa akan dijadwalkan untuk monitoring ulang di hari Senin, 10 Februari 2020.

                Dari Kunjungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut apabila pembuatan PP tidak segera dilaksanakan maka hal tersebut akan dikoordinasikan dengan pengawas Ketenagakerjaan untuk tindakan selanjutnya.