Pembukaan Pelatihan Pelatihan Ketrampilan Bagi Pencari Kerja

Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Pelatihan berbasis Kompetensi. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo; Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM pada Jumat, 7 Februari 2020. Hadir dalam pembukaan ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Eka Wisnu Wardhana, dan sejumlah undangan dari OPD terkait.

Dalam sambutan pembukaan tersebut, Bambang Tri mengharapkan agar peserta pelatihan sebagai pencari kerja juga memiliki soft skill sehingga dapat bersaing di dunia kerja. Pencari kerja harus memiliki berpikiran kritis, kreatif, inovatif dan mampu beradaptasi. Soft skill lain adalah memiliki kemampuan kerja sama, berkolaborasi, manajemen waktu dan memiliki jaringan yang luas.

Kepala UPT BLK Kulon Progo, Suradiman, SIP, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan kali ini merupakan Pelatihan Ketrampilan Bagi Pencari Kerja yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Kulon Progo, terdiri dari dua paket pelatihan, yakni internet marketing dan desain grafis dengan masing-masing peserta sejumlah 16 orang.

Lebih lanjut Suradiman menambhkan bahwa Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali  ketrampilan dan pengetahuan para pencari kerja di Kabupaten Kulon Progo, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktifitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat.

Selain pelatihan yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Kulon Progo, UPT BLK Kulon Progo juga mendapatkan alokasi pelatihan berbasis kompetensi 49 paket dari APBN melalui BLK Surakarta. Paket pelatihan tersebut terdiri dari 41 paket pelatihan nonboarding dan 8 paket pelatihan Mobile Training Unit (MTU).  Pelatihan tersebut akan dibagi menjadi 5 angkatan pelatihan.