SOSIALISASI MEKANISME PENEMPATAN DI SMK N 1 PENGASIH

Sosialisasi di SMK N 1 Pengasih dilaksanakan pada tanggal 07 Februari 2020. Adapun petugas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo adalah Tri Iswanti, SH selaku Pengantar Kerja dan perwakilan dari PT Sukses Mandiri Utama.

Sosialisasi diikuti oleh Kepala Sekolah dan beberapa guru serta siswa didik kelas XII berjumlah kurang lebih 115 orang. Materi sosialisasi antara lain sebagai berikut :

  1. Mekanisme penempatan tenaga kerja sebagai berikut :
  2. Mekanisme penempatan tenaga kerja Antar Kerja Lokat (AKL) meliputi proses penempatan tenaga kerja di lingkup propinsi. Sebagai contoh pencari kerja dengan KTP Kulon Progo mencari pekerjaan di wilayah DIY, pencari kerja dengan KTP Purworejo mencari pekerjaan di wilayah Jawa Tengah.
  3. Mekanisme penempatan Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) meliputi mekanisme penempatan antar propinsi, sebagai contoh pencari kerja Kulon Progo mengikuti seleksi yang diadakan oleh Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS) yang sudah memiliki Surat Persetujuan Penempatan (SPP) AKAD untuk penempatan di Batam
  4. Mekanisme penempatan tenaga kerja Antar Kerja Antar Negara (AKAN) meliputi mekanisme penempatan tenaga kerja di luar negeri.
  5. Persiapan yang harus dilakukan oleh pencari kerja antara lain sebagai berikut :
    1. Bagi siswa yang sudah berusia 18 tahun agar segera mencari kartu pencari kerja atau AK1 yang bisa diurus di Dinas Nakertrans Kabupaten/Kota.
    2. Setelah selesai ujian agar segera menyiapkan persyaratan dan kelengkapan melamar pekerjaan.
    3. Rajin membuka web Dinas Nakertrans untuk melihat lowongan yang tersedia. Website Dinas Nakertrans Kulon Progo : nakertrans.kulonprogokab.go.id.
    4. Meningkatkan kompetensi, memperbaiki sikap perilaku (attitude), banyak membaca untuk menambah wawasan umum maupun khusus bidangnya.
    5. Selalu berkomunikasi dengan Pengelola Bursa Kerja Khusus untuk mengetahui perkembangan dunia industri/dunia usaha.

Berhati-hati dengan sering terjadinya tindak penipuan yang mengatas namakan salah satu perusahaan besar, dengan iming-iming bisa masuk di perusahaan tersebut namun dengan persyaratan membayar uang dengan jumlah yang ditentukan. Pada prinsipnya perekrutan tenaga kerja adalah GRATIS, terkecuali untuk penempatan keluar negeri yang memerlukan Medical Chek Up, Paspor, Transportasi dan sebagainya yang telah ditentukan dengan regulasi.