PPID DINAS NAKERTRANS SIAP HADAPI PENILAIAN BADAN PUBLIK

PPID DINAS NAKERTRANS SIAP HADAPI PENILAIAN BADAN PUBLIK


Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo siap untuk mengikuti penilaian badan public sesuai dengan Undang Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang akan digelar tahun 2020.
Hal tersebut dikatakan PPID Pembantu Disnakertrans Kabupaten Kulon Progo Drs.Satya Bimantara,MSi usai mengikuti Rapat Koordinasi Ketrbukaan Informasi Publik/PPID oleh Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo melalui zoom meeting Jum’at (12/6). Pertemuan virtual menghadirkan Ketua Komisi Informasi Daerah DIY, H.Moh Hasyim,SH,M.Hum, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo Drs.Rudiyatno,MM dan seluruh PPID Pembantu di Kabupaten Kulon Progo yang berada di Dinas,Badan, dan Kapanewon.
Dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi Informasi Daerah DIY, H.Moh Hasyim,SH,M.Hum, mengatakan penganugerahan badan public seperti tahun-tahun sebelumnya tetap dilaksanakan hanya karena adanya pandemic virus Covid 19 maka agenda yang biasanya di bulan September akan mundur di akhir tahun atau bulan Desember 2020. Pada evet tahunan kali ini akan mengacu pada Komisi Informasi Pusat bahwa penilaian meliputi kriteria badan public sangat terbuka , terbuka, cukup terbuka dan kurang, sehingga tidak hanya melakukan pemeringkatan saja. Dengan harapan dapat diketahui tingkat implemntasi UU KIP pada masing-masing badan public.


Sementara Kadinas Kominfo Kulon Progo selaku PPID Utama Pemkab Kulon Progo Drs.Rudiyatno,MM mengakui bahwa Kabupaten Kulon Progo memang dalam beberapa tahun terakhir atas bimbingan KID DIY telah mengimplementasikan UU KIP dengan baik sehingga menjadi bahan rujukan oleh beberapa daerah, namun demikian tentu masih belum sesuai dengan harapan semua pihak. Masih ada badan public yang membutuhkan sentuhan bimbingan agar bisa mendekati implementasi UU KIP atau badan public yang terbuka.
PPID Pembantu Disnakertrans Kabupaten Kulon Progo Drs.Satya Bimantara,MSi, mengatakan beberapa kriteria untuk penilaian sudah dipenuhi beberapa tahun belakangan ini, sehingga menghadapi penilaian kedepan hanya memberikan sentuhan terkait adanya perubahan jabatan adanya mutasi dan promosi, serta peningkatan upload informasi setiap kegiatan pada bidang masing-masing meskipun di masa pandemic covid 19 intensitasnya agak menurun. Namun demikian update informasi tetap dusahakan meski hanya minimal seminggu sekali.