BLK Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Tanggap Covid-19

UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Pelatihan Tanggap Covid-19. Pelatihan ini ditujukan sebagai respon terhadap kondisi pandemi. Pelatihan Tanggap Covid-19 ini dilakukan pada Kejuruan Garmen Apparel, Subkejuruan operator menjahit masker. Pelatihan ini  telah dilaksanakan sejak tanggal 29 Mei 2020 dan berakhir pada 10 Juni 2020.

Pelatihan Tanggap Covid-19 ini menghasilkan 7.000 buah masker non medis  dengan berbahan kain katun fuilting. Master ini juga juga telah sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Keunggulan masker produksi BLK Kuloon Progo ini adalah dapat dimasukkan Tissu sebagai refill dan dapat digunakan kembali setelah dicuci kembali dengan mengunakan sabun deterjen.   

Peserta pelatihan operator menjahit masker ini berjumlah 16 peserta. Peserta berasal dari alumni peserta pelatihan Kejuruan Garmen Apparel dari tahun 2008 sampai 2020, yang telah menjalani proses seleksi serta berasal dari seluruh Kulon Progo. Proses membuat masker hingga mengemasan masker ini dilakukan di workshop Garmen Apparel dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Masker sejumlah 7.000 tersebut selanjutnya telah didistibusikan kepada sejumlah pihak yang berwenang. Masker sejumlah 3.000 buahdiserahkan kepada Kementerian Tenaga Kerja RI pada saat kunjungan Menteri Ida Fauziyah di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, pada 20 Juni 2020. Sedangkan sisanya yakni 2.500 buah masker diberikan kepada Satuan Tugas Gugus Covid-19 Kabupaten Kulon Progo; 500 buah masker diberikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kulon Progo dan 1.000 buah Masker disalurkan kepada masyarakat melalui BLK Kulon Progo.