KUNJUNGAN KE PT. ANGKASA PURA HOTEL

Selasa 11 Agustus 2020, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengunjungi PT. Angkasa Pura I khususnya di Area Bisnis PT Angkasa Pura Hotel yaitu Cordia Hotel yang berada didalam Yogyakarta International Airport (YIA).

Koordinasi ini merupakan ketugasan dan fungsi Dinas dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan di Bidang  Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan dipimpin Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan sebagai tindak lanjut dari koordinasi dan sinkronisasi bidang Ketenagakerjaan pada hari Rabu, 22 Juli 2020 untuk melakukan koordinasi lanjutan ke anak perusahan PT AP 1 agar lebih mendalami/mengetahui kondisi ketenagakerjaan.

Jadwal untuk kunjungan ke PT. Angkasa Pura Hotel dilaksanakan pada hari ini, Selasa 11 Agustus 2020 diikuti oleh Bidang HIPTK, Bidang PPTK dan UPT BLK.

Dari hasil pertemuan tersebut disampaikan kepada Pihak PT. Angkasa Pura Hotel mengenai Kewajiban perusahaan melaksanakan terselenggaranya hubungan industrial yang harmonis antara pengusaha dengan pekerja/karyawan dengan pemenuhan ketentuan peraturan ketenagakerjaan diantaranya Pembuatan PP, Pemberian/Mekanisme Upah yang berkeadilan, Kepesertaan Jaminan Sosial Nasional (BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan), dan fasilitas pekerja lainnya.

Diharapkan pula dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Kulon Progo, adanya kerjasama antara Pihak Disnakertans dengan PT. Angkasa Pura Hotel mengenai pelatihan ketrampilan dan pemagangan perhotelan, sebagai mitra peningkatan kapasitas SDM pelatihan di UPT BLK, serta perbaikan penyelenggaraan kurikulum di SMK Negeri/swasta  jurusan perhotelan di Kulon Progo.  

Perekrutan SDM di perusahaan yang mempunyai regulasi dan standar kompetensi sendiri dan terpusat di Jakarta dimohon untuk dapat memberikan kesempatan kerja kepada warga Kulon Progo yang memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari SDM di PT. Angkasa Pura Hotel. selain itu Pemda memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalin kerjasama pelatihan dan pemagangan dengan SMKN 1 Pengasih dan SMK Muhamadiyah Temon jurusan perhotelan (dikerjasamakan dengan PT. Angkasa Pura Hotel)

Tindak lanjut mengenai rencana kerjasama dengan PT. Angkasa Pura Hotel ini akan dilakukan pembicaraan selanjutnya dengan pejabat teknis yang ada di Disnakertrans Kulon Progo agar mendapatkan SDM yang berkompeten, bersaing dan siap bekerja.