Job Canvassing ke PT. Kusuma Sandang Mekarjaya

Tim dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kulon Progo melaksanakan job canvassing ke Pabrik Textile PT. Kusuma Sandang Mekarjaya di Jalan Raya Wates Km. 7,4 Pasekan Balecatur Gamping Sleman Selasa, 15 September 2020. Tim dipimpin oleh Bapak Saronto, S.E. selaku Pejabat Pengantar Kerja Disnakertrans Kab. Kulon Progo. Tim diterima oleh HRD PT. KSM Bapak Slamet. Beliau menyampaikan bahwa selama masa pandemi covid 19 antara Bulan Juni s.d Juli 2020 ini sangat memukul sektor industri textile. PT. KSM telah merumahkan ± 1.200 orang tenaga kerja dan hanya mempekerjakan ± 300 orang saja karena menurunnya bahkan mandeknya suplai hasil produksi. Akibat berkurangnya aktivitas perusahaan ini perusahaan mematikan separuh dari jumlah mesin produksinya untuk menekan biaya operasional.

Pada Bulan Agustus September ini kegiatan produksi PT. KSM baru dimulai lagi dan namun baru saja mulai produksi, perkembangan kasus covid 19 melonjak dan DKI Jakarta kembali memberlakukan PSBB yang berimbas pada pengiriman hasil produksi PT. KSM karena target tertinggi pemasarannya ke Jakarta dan Jawa Barat (Bandung).

Bapak Slamet juga menyampaikan bahwa PT. KSM untuk saat ini mulai membuka lowongan kerja, namun diutamakan bagi yang sudah berpengalaman, hal ini bertujuan untuk menghindari kegiatan training bagi karyawan baru dimana apabila dilaksanakan training dimungkinkan adanya kerumunan di dalam ruangan. Selain itu pengawasan bagi karyawan sangat ketat dan PT. KSM selalu berkoordinasi dengan Puskesmas daerah asal tempat tinggal karyawan PT. KSM untuk memastikan kesehatan dari masing-masing karyawannya dan ini merupakan langkah perusahaan dalam rangka pelaksanaan protokol kesehatan dan antisipasi persebaran covid-19. (D-2020)