Kunjungi Transito Bantul, Bidang Transmigrasi Kulon Progo Lakukan Koordinasi Ketransmigrasian

Pengasih 23/09/2020. Bidang transmigrasi Kabupaten Kulon Progo melakukan kunjungan ke Transito Bantul untuk kordinasi ketransmigrasian dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Koordinasi dilaksanakan pada tanggal 22 september 2020 dan membahas perkembangan transmigrasi, permasalahan yang ada dan animo pendaftar hingga bulan ini.

Disampaikan oleh Bapak Heri Widada, S.IP., M.M. selaku kepala bidang transmigrasi Kabupaten Kulon Progo bahwa dari kuota sebanyak 10 kk, saat ini sudah ada 10 warga yang mendaftarkan diri 4 di Bulungan, 3 di Mahalona dan 3 di Muna. Kendala yang dialami antara lain animo masyarakat yang masih belum maksimal dan banyak yang menanyakan transmigrasi ke pulau sumatera sedangkan untuk tahun ini tidak ada kuota ke pulau sumatra. Selain itu dengan adanya pandemi ini juga mempengaruhi sosialisasi dan pelatihan transmigrasi yang biasanya dilaksanakan sesuai jadwal, dihentikan dengan pertimbangan adanya covid 19.

Kasi penempatan transmigrasi Kabupaten Bantul, Bapak Isti Wasono, S.Pt. turut menyampaikan bahwasanya dalam keadaan pandemi ini kegiatan di seksi penempatan transmigrasi ini relatif masih ada dalam artian sosialisasi dll masih dilaksanakan dengan menuruti protokol kesehatan karena masih perlu untuk menampung warga yang minat bertransmigrasi. Kendala yg dihadapi adalah mempertahankan kemauan catrans yang sudah mendaftar. Banyak pertanyaan dari catran terkait dengan tanggal keberangkatan. Bantul sendiri mendapat kuota transmigrasi sebanyak 20 kk untuk tahun 2020.