Lokerku dan Bagaimana Penggunaannya

Hai pencaker.

Melihat animo masyarakat yang sangat besar terkait kebutuhan informasi terkait lowongan kerja dan program pelatihan, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo mencoba memfasilitasinya dengan optimalisasi penyebarluasan informasi pasar kerja melalui papan pengumuman, web official, media sosial, serta terintegrasi di aplikasi Jendelaku. Selain itu Disnakertrans Kabupaten Kulon Progo juga melakukan upaya berupa mengoptimalkan aplikasi mobile yang telah dicreate (build up mobile application) dengan nama LokerKu.

Sebagai informasi tambahan, aplikasi ini dibuat sejak 2019 dan terupdate hingga saat ini. Aplikasi LokerKu ini menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi lowongan kerja dan program pelatihan yang diampu di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo. Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi mobile ini dengan cara:

1. Unduh aplikasi melalui Google Play Store.
https://play.google.com/store/apps/details?id=ukdw.ac.id.pkm_nakertrans  

2. Pastikan gawai memenuhi spesifikasi yang diperlukan yaitu:
   Spesifikasi minimum untuk mengoperasikan aplikasi “LokerKu”:
   -     Android minimal versi Android 5.0 (Lollipop)
   -     RAM minimal 2GB
   -     Processor minimal 2GHz dual core processor
   -     Storage minimal 20MB
   -     Koneksi Internet

3. Lakukan register dengan klik "Daftar Akun"

4. Pastikan semua data yang diisikan lengkap.

5. Setelah proses register sukses, aplikasi LokerKu sudah siap digunakan. Log in menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.

Informasi lowongan kerja dan program pelatihan akan masuk ke akun pengguna. Setiap info terupdate muncul notifikasinya di gawai masing-masing.  Nilai lebih dari aplikasi LokerKu ini adalah dapat diakses semua lapisan masyarakat yang membutuhkan, spesifikais aplikasi cuga kecil, info yang diperoleh telah melalui proses verifikasi dari admin Disnakertrans serta memberikan informasi yang disesuaikan dengan bidang peminatan yang dipilih serta kualifikasi dari pengguna.

Diharapkan aplikasi LokerKu ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna sebanyak mungkin, bisa mengoptimalkan peran pemerintah dalam menyediakan informasi yang valid, mengoptimalkan layanan kepada pencari kerja sehingga dapat bekerja sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan pencari kerja tersebut. Untuk ke depannya tentu aplikasi ini akan selalu diupdate dan terupgrade sehingga layanan yang diberikan menjadi lebih variatif dan semakin bisa memenuhi kebutuhan pasar/dunia kerja.

FAQ

1. Q: Saya sudah daftar tapi ketika mau log in selalu tidak bisa, hanya ada tanda berputar-putar.

    A: Coba daftar lagi dengan mengisi formnya secara lengkap. Perlu diperhatikan hal berikut:

  1. NIK dan email harus benar/sesuai
  2. Format penulisan tanggal lahir adalah dengan klik di ikon kalender, bukan ketik manual
  3. Format penulisan nilai SKHUN/NEM/Transkrip adalah menggunakan separator "." (titik) bukan "," (koma) contohnya nilai IPK 3.59 bukan 3,59
  4. Format penulisan gaji yang diinginkan adalah tanpa separator contoh gaji yang dinginkan adalah "2500000" bukan ditulis "2.500.000,-"

2. Q: Kok data lowongan dan program pelatihan tidak ada yang masuk ya?

    A: Informasi lowongan kerja dan program pelatihan akan masuk ke akunmu jika:

  1. Sesuai dengan pilihan bidang yang kamu pilih pada saat register akun
  2. Jjika tidak ada di daftar "Lowongan Pekerjaan" maka bisa dilihat di daftar "Notifikasi ". Tandai info lowongan kerjamu di "Wishlist"
  3. Kamu bisa merubah pilihan bidang yang kamu inginkan dengan melakukan ubah di "Pengaturan Akun Profil"
  4. Lowongan dan program pelatihan akan langsung terdelet dari akunmu apabila sudah habis masa berlaku / masa daftar nya