Layanan Pembuatan AK/1 Online di Disnakertrans Kabupaten Kulon Progo

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada Pencari Kerja pada masa pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo mengedepankan penerapan protokol kesehatan dan menjalankan layanan New Normal/ Tatanan Baru. Diantaranya adalah dalam pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu AK/1 secara online.
Lalu bagaimana Prosedurnya?!

1. Sebelum mencari Kartu AK/1 pastikan sudah mengisi formulir pendaftaran layanan pembuatan Kartu AK/1 di http://bit.ly/daftarAK1KP atau scan barcode di poster di bawah

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengisi form pendaftaran:

  1. FC KTP (1 lembar)
  2. FC ijazah dan transkrip nilai terakhir (1 lembar)
  3. Pas foto terbaru ukuran 3x4 (2 lembar)
  4. FC Bukti/Surat Keterangan Pengalaman Kerja (jika memiliki)
  5. FC sertifikat kompentensi/ketrampilan (jika memiliki)
  6. Untuk perpanjangan kartu AK/I yang telah habis masa berlakunya (lebih dari 2 tahun) maka berlaku berkas seperti daftar pembuatan yang baru.
  7. Untuk perpanjangan reguler per 6 bulan sekali bagi kartu yang masih berlaku maka kartu asli harus dibawa.
  8. Untuk pencetakan & legalisasi Kartu AK/I hanya bisa dilakukan di Kantor Disnakertrans Kab. Kulon Progo dengan membawa berkas no.1-5.

2. Pastikan juga telah melakukan register di akun SISNAKER Kemnaker RI melalui https://account.kemnaker.go.id/register dan lengkapi profil akunmu. Apabila mengalami kendala dapat menghubungi Kantor Disnakertrans Kab. Kulon Progo