New Normal, Bidang Transmigrasi berikan Informasi ketransmigrasian kepada warga Girimulyo

KP. Bidang transmigrasi kembali melaksanakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) transmigrasi di Sumberjo, Jatimulyo, Girimulyo pada tanggal 13 Oktober 2020 setelah penerapan “New Normal”.

Kepala Bidang Transmigrasi, Heri Widada, S.IP., M.M. beserta rombongan hadir tepat waktu di kediaman Dukuh Sumberjo. Dalam pertemuan tersebut beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi lebih mengenai transmigrasi di daerah Girimulyo yang secara geografis rawan bencana alam. Meskipu demikian KIE tersebut dengan menerapkan protocol kesehatan yang berlaku diantaranya wajib memakai masker, pengukuran suhu oleh petugas dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Dalam kesempatan tersebut selain informasi transmigrasi juga disampaikan oleh bapak kepala bidang bahwa di dinas tenaga kerja dan transmigrasi ada pelatihan pelatihan yang ditujukan untuk memajukan masyarakat Kulon Progo diantaranya pelatihan yg dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kulon Progo. Apresiasi juga disampaikan oleh beliau karena dari semua kapanewon yang ada di Kulon Progo, Girimulyo sampai saat ini bertahan sebagai “zona hijau”. Tak lupa beliau mengingatkan untuk selalu menerapkan protocol kesehatan demi mencegah Covid 19.

“Transmigrasi ini Gratis bapak ibu sekalian tidak dipungut biaya apapun dan tidak ada paksaan sama sekali. Sudah dapat rumah, dapat tanah masih diberi bantuan modal dari pemerintah. Selain Transmigrasi di Dinas kami juga ada pelatihan pelatihan lain di BLK yang juga gratis. Monggo, informasi ini disebarluaskan kepada warga lain, siapa tahu ada yang berkeinginan untuk bertransmigrasi atau mengikuti pelatihan yang ada” terang Heri.

Kepala seksi penyiapan, Totok Hermawan, S.E. menambahkan bahwa semua biaya perjalanan dari lokasi transmigrasi ditanggung pemerintah sehingga apabila ada orang yang menawarkan transmigrasi dengan meminta sejumlah uang, maka itu jelas penipuan. Beliau menerangkan bahwa kuota untuk tahun ini ada 3 lokasi yaitu Bulungan Kalimantan Utara sebanyak 2 KK, Mahalona, Sulawesi Selatan sebanyak 3 KK, dan Muna, Sulawesi Tenggara sebanyak 5 KK. Hingga saat ini untuk Muna jumlah pendaftarnya masih kurang.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir pula bapak Risdiyanto selaku Pj Lurah Jatimulyo, bapak Ahmadi, SST selaku Kepala Jawatan Sosial Girimulyo, bapak Sukardi selaku Dukuh Pring Tali dan ibu Efpita selaku Dukuh Sumberjo.