KOORDINASI PELAKSANAAN LAYANAN DISABILITAS KETENAGAKERJAAN

KOORDINASI PELAKSANAAN LAYANAN DISABILITAS KETENAGAKERJAAN


Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 461/217/SJ tanggal 14 Januari 2021 tentang Pelaksanaan Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo menggelar rapat koordinasi di Ruang Nuri Dinas setempat pada Selasa (26/1) dipimpin Kadinas Nakertrans Drs. Nur Wahyudi, M.M.
Menurut Nur Wahyudi, sebetulnya Kulonprogo telah terlebih dahulu membentuk Unit Layanan Disabilitas (ULD) Ketenagakerjaan sebelum adanya regulasi, sehingga meskipun belum sesuai harapan dari regulasi yang baru muncul, beberapa telah dilakukan terhadap kaum difabel.
“Alhamdulilah di Kulon Progo ini sudah terbentuk ULD Ketenagakerjaan, meskipun SK Tim baru sebatas pimpinan OPD, belum sesuai regulasi baru dengan Keputusan Bupati, berbagai layanan untuk kaum difabel juga pernah kita lakukan dalam kaitannya dengan ketenagakerjaan” terang Nur Wahyudi.
Beberapa kegiatan dalam rangka mendukung pelaksanaan ULD antara lain: memfasilitasi kaum difabel dalam event Job Fair dengan Yakkum, Pemberdayaan tenaga kerja disabilitas, memberikan informasi lowongan kerja, memberikan quota pelatihan di BLK dan menjalin kerjsama dengan lembaga organisasi peduli kaum difabel seperti Yakkum, Cikal, Kerjabilitas.
Sementara kendala dalam pelayanan adalah ruangan khusus belum tersedia sehingga masih menyatu dengan BKOL (Bursa Kerja On Line) sarana prasarana belum mendukung seperti tangga landai, MCK Khusus, kursi roda.