PENTINGNYA WAJIB LAPOR KETENAGAKERJAAN PERUSAHAAN (WLKP)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan, setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk melaporkan secara tertulis pada saat mendirikan, menghentikan, menjalankan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaan. Setiap perusahaan wajib melaporkan setiap tahun secara tertulis mengenai ketenagakerjaan kepada menteri atau pejabat yang telah ditunjuk.

Di dalam laporan tersebut harus memuat keterangan seperti identitas perusahaan, hubungan ketenagakerjaan, perlindungan ketenagakerjaan, kesempatan kerja, dan lain sebagainya. Wajib Lapor Perusahaan memiliki arti yang cukup penting bagi perusahaan. Apabila perusahaan lalai dalam menjalankan kewajiban ini, maka akan dikenakan sanksi. Sejak tahun 2019 telah diluncurkan program pelaporan wajib lapor ketenagakerjaan secara online melalui website https://www.wajiblapor.kemnaker.go.id 

untuk Petunjuk pelaksanaan pengisian dapat diunduh di https://box.kemnaker.go.id/docs/wlkp/Panduan%20WLKP.pdf

Dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten Kulon Progo melalui surat Nomor 700/22 tanggal 12 Januari 2021 Perihal Wajib Lapor Ketenagakerjaan telah mengirimkan kepada pimpinan perusahaan dan Badan Usaha/BUNM/BUMD dan meminta kepada para pimpinan Perusahaan tersebut untuk segera membuat laporan ketenagakerjaan secara online dan diperbarui dalam setahun sekali.