Diskusi Penyiapan Implementasi SDC tahun 2021

Skill Development Center (SDC) merupakan salah satu program prioritas nasional yang ditujukan untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan khususnya pengangguran yang berujung pada peningkatan perekonomian daerah. Program tersebut diprakarsai oleh BAPPENAS RI yang kemudian dilanjutkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam implementasinya. Saat ini telah ada 20 kota/kabupaten yang mengadopsi program SDC ini dan diharapkan ke depannya terus dilanjutkan di daerah-daerah lainnya.

Dalam rangka implementasi lebih lanjutnya, perlu diskusi yang lebih intensif dari daerah-daerah pengadopsi program SDC ini agar proses ke depannya menjadi lebih tearah dan satu kata. Untuk itu, pada Rabu, 03 Maret 2021, Sekretariat SDC Kulon Progo bersama-sama dengan 2 daerah lainnya yaitu Sekretariat SDC Kota Surakarta dan Sekretariat SDC KAbupaten Karanganyar bertmeu dalam satu forum Diskusi Penyiapan Implementasi Skill Development Center (SDC) yang difasilitasi oleh BLK Kota Surakarta yang juga dihadiri Bpk. Bambang Wasito Adi selaku pemrakarsa dan pendamping SDC di ketiga wilayah ini.

Dalam diskusi ini dilakukan paparan terkait progres pelaksanaan SDC, sharing terkait pengalaman daerah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan sesuai dengan karakteristik problem wilayah masing-masing, terutama dampak pandemi covid-19 yang telah melemahkan beberapa aspek kehidupan masyarakat dan bagaimana strategi untuk bangkit yang mungkin dapat dilakukan melalui program SDC ini juga. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat memperkaya wawasan serta mempererat kerjasama antar daerah dalam kerangka program SDC.