KIE TRANSMIGRASI DI NGARGOSARI

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo menggelar Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Transmigrasi dengan warga masyarakat Kalurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Selasa (8/6) di rumah dukuh Ngaliyan . Acara dihadiri Kabid Transmigrasi Heri WIdada, S.IP.,M.M., bersama rombongan dengan peserta dari warga masyarakat yang terdiri dari karang taruna, ketua RT, Ibu kader dan pamong kalurahan.

Dalam acara tersebut Kepala Bidang Transmigrasi Heri Widada, S.IP.,M.M. menjelaskan kepada peserta KIE mengenai transmigrasi dan program lainnya seperti pelatihan pelatihan yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo. Beliau juga menyampaikan kepada peserta untuk terus melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan agar terhindar dari covid-19. 

“Transmigrasi ini adalah program dari pemerintah, tujuannya agar warga Kulon Progo yang masih menemui kendala seperti tidak punya lahan bisa memperbaiki ekonominya. Sifatnya suka rela bapak ibu sekalian, tidak ada paksaan apapun. Gratis tidak ada pungutan biaya sama sekali. Di samping itu di Dinas kami juga ada pelatihan pelatihan gratis lain yang diselenggarakan di Dinas maupun di BLK. Apabila ada putra putri bapak ibu sekalian yang belum mendapat pekerjaan dan ingin mencari informasi lowongan kerja atau ingin ikut pelatihan, monggo datang ke Dinas kami” ungkapnya

R Dedy Santoso Sulus, S.E. menambahkan bahwa Kulon Progo tahun 2021 kebagian jatah 10 KK tersebar di 2 lokasi masing-masing di Mahalona Luwu Timur Sulawesi Selatan 5 KK dan Raimuna Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara 5 KK. Seperti pada KIE sebelum-sebelumnya, dijelaskan bahwa transmigran yang berangkat mendapat fasilitas gratis rumah, lahan usaha, pemberangkatan dengan pesawat dan bantuan modal usaha dari pemerintah. Diharapkan bagi warga yang berminat bertransmirgasi untuk segera mendaftar karena kuota terbatas.