Fasilitasi Sosialisasi dan Seleksi Calon TK di Batam Periode September 2021

Dalam rangka layanan antar kerja yang bertujuan mempertemukan antara pencari kerja dengan perushaaan pengguna tenaga kerja, hari ini Rabu tanggal 22 September 2021 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo memfasilitasi penyelenggaraan tes tertulis untuk rekruitmen tenaga kerja khusus perempuan ke Perusahaan Elektronika di wilayah Batam.

Seperti disampaikan oleh Pengantar Kerja Disnakertrans Kab. Kulon Progo bahwa untuk rekruitmen tenaga kerja di Batam ini dilakukan melalui LPTKS PT. Universal Karya Mandiri untuk penempatan PT. Excelitas Batam dengan kriteria:

  • Wanita lanjang
  • Pendidikan SMA IPA atau SMK Teknik Komputer/TKJ, Multimedia, TAV, Listrik, Mesin, Elektro, RPL
  • Lulusan tahun 2020 dan 2021 dan telah memiliki Ijazah (bukan SKL)
  • Toleransi mata minus maksimal 1
  • Diijinkan oleh orang tua.
  • Tinggi badan minimal 153 cm
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Sudah vaksin Covid-19 dosis 2 (vaksin Sinovak, untuk vaksin Astra dimungkinkan untuk dosis 2 maks Oktober 20021)
  • Bersedia untuk menyelesaikan kontrak kerja selama 2 tahun dan siap bekerja shift.

Sosialisasi dan seleksi hari ini diikuti oleh 59 orang dan terbagi  dalam 2 tempat di Ruang Aula sebanyak 39 orang dan Ruang Rapat Nuri Disnakertrans sebanyak 20 orang. Adapun peserta berasal dari Wilayah Kulon Progo, DIY dan sebagaian Jawa Tengah, yaitu Kulon Progo sebanyak 25 orang, Bantul 9 orang dan 25 orang berasal dari luar KP/Bantul (Purworejo, Sleman, Magelang, Temanggung, Kebumen, Gunung Kidul, Klaten, Sragen).

Pelaksanaan fasilitasi tes tertulis rekruitmen tenaga kerja khusus putri ke Perusahaan di Batam kali ini diselenggarakan oleh Disnakertrans Kabupaten kulon Progo dengan menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemic Covid-19 ini dengan mengedepankan 3M.

  1. Peserta sebelum memasuki ruang dan setelah keluar dari ruangan seleksi DIWAJIBKAN mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  2. Peserta seleksi WAJIB menggunakan  masker medis baik sebelum, selama di ruang seleksi maupun setelah keluar dari ruang seleksi.
  3. Menjaga jarak aman dan menjauhi kerumunan dengan cara antri 1-1,5 meter pada saat masuk ruangan dan penataan tempat duduk yang sesuai.

Sebelum memasuki ruangan, seluruh peserta juga dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

Pada kegiatan ini, Kepala Seksi PPTK, Saptarini, S.E. yang mewakili Kepala Disnakertrans Kab. Kulon Progo memberikan beberapa arahan diantaranya agar selama proses seleksi, peserta bersungguh-sungguh, tetap menjaga kesehatan dan apabila berhasil lolos nantinya agar mempersiapkan diri untuk dapat bekerja dengan maksimal, ikuti aturan di perusahaan dan selalu menjaga nama baik pribadi, nama baik Dinas dan nama baik daerah. Peluang kerja di Batam ini merupakan kesempatan yang saat ini jarang, akibat adanya pandemic yang menyebabkan perusahaan melakukan pengurangan pegawai, adanya peraturan terkait pembatasan-pembatasan sosio-ekonomi dll, sehingga benar-benar harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Harus mampu menunjukkan kinerja yang baik. Harus juga siap mental dan fisik, karena bekerja di luar daerah tentu saja bergaul dengan komunitas beragam dari berbagai wilayah. Harus pandai dalam mengelola keuangan. Dan tak lupa tetap menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.

Perwakilan dari PT. Universal Karya Mandiri, Bapak Ali Mustofa menyampaikan bahwa untuk tahapan selanjutnya setelah tes tertulis akan dilakukan tes wawancara secara online, tes medical check-up dan tes swap antigen sehari sebelum berangkat. Untuk tes interview user direncanakan dilaksanakan dalam waktu dekat ini secara daring. Tes medical cek up yang dilaksanakan setelahnya juga. Adapun pemberangkatan masih akan dikomunikaiskan terlebih dahulu bdengan penjadwalan di awal atau pertengahan Oktober 2021.

Pada akhir rangkaian sosialisasi dan seleksi, ditekankan kembali kepada peserta untuk tetap menjaga diri, menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas luar rumah yang sekiranya tidak mendesak, melakukan isolasi mandiri, agar pada saat pelaksanaan medical cek up dan pelaksanaan tes bisa lolos dengan baik dan bebas dari covid-19