SOSIALISASI PENDAFTARAN ONLINE TRANSMIGRASI

Masih dalam suasana pandemi Covid 19, yang harus meminimalisir tatap muka langsung dengan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo meluncurkan layanan Sistem Informasi Pelayanan Transmigrasi Kulon Progo (SimpatiKu), yang salah satunya pemberian layanan pendaftaran transmigrasi secara online.


Kepala Disnakertrans Kabupaten Kulon Progo, Drs.Nur Wahyudi,MM mengatakan masa pandemi Covid 19 tidak menyurutkan pemerintah memberikan layanan kepada masyarakat, namun harus memenuhi protocol kesehatan, sehingga memunculkan gagasan inovasi melalui perkembangan teknologi informasi dengan membuat sebuah aplikasi berbasis web namun juga dapat diakses melalui HP.


“Adanya pandemic Covid 19 menuntut layanan tetap jalan mesti dibatasi dalam hal tatap muka langsung , sehingga kami memunculkan inovasi pendaftaran secara on line bagi warga masyarakat yang ingin transmigrasi, tentu sangat membantu sekali dan ke depan beragam informasi ketransmigrasian dapat disampaikan dalam aplikasi tersebut,”terang Nur Wahyudi dalam Sosialisasi kepada beberapa OPD, Kapanewon dan Kalurahan melalui virtual ,Selasa (28/9).


Kepala Bidang Transmigrasi,Heri Widada, SIP,MM menambahkan selain pendaftaran transmigran secara online, dalam aplikasi di alamat :simpatiku.kulonprogokab.go.id, juga menampilkan database transmigran kurun waktu 20 tahun sejak 2001 sampai 2020. Dari data tersebut terdapat 939 Kepala Keluarga dengan 3178 jiwa, adapun tiga besar kapanewon pengirim terbesar pertama Kapanewon Kokap 226 KK, kedua Kapanewon Samigaluh 108 KK dan ketiga Kapanewon Panjatan 102 KK.