PERTEMUAN ASOSIASI MEDIATOR HUBUNGAN INDUSTRIAL (AMHI) SE-DIY DI KABUPATEN KULON PROGO

PERTEMUAN ASOSIASI MEDIATOR HUBUNGAN INDUSTRIAL (AMHI) SE-DIY DI KABUPATEN KULON PROGO

Senin, 18 Oktober 2021 bertempat di Resto Dadap Sumilir diadakan pertemuan Asosiasi Mediator Hubungan Industrial (AMHI) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo. Pertemuan Asosiasi Mediator Hubungan Industrial (AMHI) merupakan acara/ pertemuan rutin yang diselenggarakan setiap dua bulan sekali oleh OPD yang membidangi Ketenagakerjaan di DIY. Tujuan pertemuan AMHI adalah koordinasi, konsultasi, dan sharing informasi yang berkaitan dengan hubungan industrial dan kesejahteraan tenaga kerja.

Pertemuan AMHI dihadiri oleh Kepala Dinas Tengakerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Tengakerja dan Transmigrasi Pemda DIY, Kepala Dinas Sosial, Tengakerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Tengakerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Tengakerja Kabupaten Sleman, dan Kepala Dinas Tengakerja dan Transmigrasi Kabupaten Gunung Kidul, beserta Mediator Hubungan Industrial se-DIY, pejabat struktural, dan staff yang membidangi di bidang Hubungan Industrial.

Pertemuan dibuka oleh Bapak Drs. Nur Wahyudi, MM selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo dan dilanjutkan diskusi yang dipimpin oleh Ibu Niken selaku ketua mediator hubungan industrial se-DIY. Materi diskusi pada pertemuan AMHI antara lain:

  1. Permasalahan adanya Covid-19 dan PPKM terhadap kondisi ketenagakerjaan
  2. Penetapan UMK/ UMP yang prosesnya dikoordinasikan dengan Dinas Provinsi
  3. Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada tenaga kerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan
  4. Perselisihan Hubungan Industrial dan penyelesaiannya