Audiensi DEPEKAB dengan Pj Bupati Kulon Progo

Pada hari Kamis 23 November 2023 bertempat di Ruang Rapat Menoreh Pemda Kulon Progo dilaksanakan Audiensi Dewan Pengupahan Kabupaten Kulon Progo dengan Pj Bupati Kulon Progo Ibu Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST., MT. Audiensi sebagai tindak lanjut dari hasil Sidang Pleno Dewan Pengupahan Kabupaten Kulon Progo yang telah mencapai kesepakatan terkait penghitungan UMK Tahun 2024. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo Bapak Drs. Nur Wahyudi, MM selaku Ketua Depekab dengan penyampaian hasil penghitungan UMK 2024. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kajian akademik yang menjadi dasar perhitungan UMK oleh anggota Depekab dari unsur pakar/akademisi. Salah satu faktor yang mmendorong kenaikan UMK 2024 adalah pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kulon Progo yang terus mengalami kenaikan dari tahun-ketahun. Hal tersebut mencerminkan kondisi ekonomi yang terus mengalami ekpansi yang mana ada kontribusi pekerja terhadap pertumbuhan ekonomi, sehingga seharusnya untuk mengapresiasi pekerja maka perlu peningkatan kesejahteraan bagi pekerja.

Pada kesempatan tersebut anggota Depekab dari unsur serikat pekerja dan APINDO menyampaikan bahwa setelah menimbang kajian akademik dari unsur pakar maka kedua belah pihak sepakat dengan hasil penghitungan UMK yang kemudian diusulkan kepada Pj Bupati untuk direkomendasikan kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pj Bupati Kulon Progo mengapresiasi Depekab Kulon Progo yang telah melaksanakan penghitungan UMK 2024 dengan mempertimbangkan kajian akademik. Beliau menyampaikan harapan agar kenaikan UMK 2024 dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja sekaligus mendorong peningkatan produktivitas pekerja, sehingga baik pekerja maupun pengusaha sama-sama dapat berkembang dan meningkat kesejahteraannya. Selanjutnya hasil penghitungan Depekab Kulon Progo akan menjadi bahan rekomendasi Pj Bupati Kulon Progo kepada Gubernur DIY untuk ditetapkan sebagai UMK 2024.