Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota di DIY Tahun 2024

Pada tanggal 30 November 2023 Sekda DIY Beny Suharsono mengumumkan bahwa Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2024 di DIY naik, dan berada di atas UMP 2024. Penetapan ini ditandatangani Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku  Buwono X berdasarkan rekomendasi Bupati/Walikota dan atas usulan dewan pengupahan kabupaten/ kota.

Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 396/KEP/2023 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2024. UMK Kulon Progo ditetapkan sebesar Rp 2.207.736,95,- (Dua Juta Dua Ratus Tujuh Ribu Tujuh Ratus Tiga Puluh Enam Rupiah Sembilan Puluh Lima Sen) naik sebesar Rp 157.289,80,- (Seratus Lima Puluh Tujuh Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Sembilan Ribu Delapan Puluh Sen) atau sebesar 7,67%.

Penetapan UMK Kulon Progo telah sesuai dengan hasil penghitungan Dewan Pengupahan Kabupaten yang diusulkan kepada Gubernur DIY.  Dewan Pengupahan Kabupaten yang terdiri dari unsur Pemerintah, unsur Pengusaha, unsur Serikat Pekerja/Buruh, dan Pakar/Akademisi menghitung kenaikan UMK 2024 dengan mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat penyerapan tenaga kerja dan faktor-faktor lain yang menunjukan kontribusi pekerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Kulon Progo.

UMK Tahun 2024 mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2024 dan pengusaha dilarang membayar upah pekerja dibawah UMK. Selain itu dua hal pokok yang harus dipenuhi pengusaha adalah pertama pengusaha wajib menyusun dan menerapkan struktur dan skala upah, sehingga pekerja dengan masa kerja satu tahun atau lebih upahnya berpedoman pada struktur dan skala upah. Kedua, pengusaha dilarang menangguhkan pembayaran UMK Tahun 2024.