Fasilitasi Tes Interview User untuk Karyawati PT Elektronik di Batam

Dalam rangka layanan antar kerja yang bertujuan mempertemukan antara pencari kerja dengan perushaaan pengguna tenaga kerja, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo memfasilitasi penyelenggaraan tes tertulis untuk rekruitmen tenaga kerja khusus perempuan ke salah satu Perusahaan elektronik di Batam yaitu PT. Philips Industries Batam. Fasilitasi tes interview dilaksanakan selama 2 hari yaitu Rabu, 10 Maret 2021 dan Jum’at 12 Maret 2021.

Seperti disampaikan oleh Pengantar Kerja Disnakertrans Kab. Kulon Progo bahwa tes interview ini merupakan tahapan lanjutan dari seleksi tertulis yang telah dilaksanakan pada 3 dan 4 Februari 2021 yang dilakukan melalui LPTKS PT. Danka Hureco dengan kriteria:

  • Wanita lanjang usia 18 s.d. 21 tahun
  • Pendidikan SLTA(SMA/SMK) semua jurusan
  • Tidak berkacamata dan tidak buta warna
  • Belum pernah kerja di Batam
  • Diijinkan oleh orang tua.
  • Tinggi badan minimal 152-153 cm
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bersedia untuk menyelesaikan kontrak kerja selama 2 tahun dan siap bekerja shift.

Tes Interview dihadiri oleh 47 orang peserta dengan sebaran peserta seleksi berasal dari Kulon Progo sebanyak 25 orang, Bantul 9 orang, Gunung Kidul 2 orang, Jawa Tengah (Magelang, Purworejo, Klaten dan Sragen) 9 orang dan dari Jawa Timur (Madiun dan Ngawi) sebanyak 2 org. Seleksi Interview dilakukan langsung dengan user yaitu dari PT. Philips Industries Batam.

Pelaksanaan fasilitasi tes interview ke PT. Philips Industries Batam ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protocol kesehatan selama masa pandemic Covid-19 ini dengan mengedepankan 3M.

  1. Peserta sebelum memasuki ruang dan setelah keluar dari ruangan seleksi DIWAJIBKAN mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  2. Peserta seleksi WAJIB menggunakan masker medis baik sebelum, selama di ruang seleksi maupun setelah keluar dari ruang seleksi.
  3. Menjaga jarak aman dan menjauhi kerumunan dengan cara antri 1-1,5 meter pada saat masuk ruangan dan penataan tempat duduk yang sesuai.

Sebelum memasuki ruangan, seluruh peserta juga dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

Untuk tahapan setelah dilakukan tes interview ini adalah tes medical chekup dan rapid antigen. Dalam periode ini, diharapkan nantinya para peserta seleksi dapat menjaga diri untuk mengeliminir terjangkit virus COvid-19. Adapun target pemberangkatan untuk PT. Philips adalah tanggal 23 Maret 2021.